BAKTI DESA KMTI 2020

YASA, ABYAKTA, ABYUDAYA

“BANGUN, BERKEMBANG, SEJAHTERA”

“Untuk menunjukkan kontribusi dan dedikasi mahasiswa kepada masyarakat pedesaan dengan cara mengsinergikan rasa saling peduli serta gotong royong sehingga meningkatkan pola fikir masyarakat pedesaan agar tergerak untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik”.

Bakti desa merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia untuk mewujudkan rasa saling menolong dan rasa saling peduli kepada masyarakat pedesaan yang membutuhkan bantuan.

Bangsa Indonesia sendiri telah menetapkan mengenai pemberdayaan masyarakat desa yang tercantum dalam Undang Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 Pasal 1 Ayat 12, yaitu pemberdayaan masyarakat desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa. Selain itu, sebagai warga negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim diwajibkan untuk saling tolong menolong sesama manusia yang telah dijelaskan dalam hadits riwayat muslim yaitu, “Barang siapa yang berusaha melapangkan suatu kesusahan kepada seorang muslim dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkan-Nya dari suatu kesusahan di hari kiamat dan barang siapa yang berusaha memberi kemudahan bagi orang yang kesusahan, maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang berusaha menutupi kejelekan orang Islam, Allah akan menutupi kejelekannya di dunia dan di akhirat. Allah selalu membantu hamba-Nya selama hamba itu menolong sesama saudaranya. (Hadits Riwayat Muslim)”.

Sasaran kegiatan Bakti Desa ini adalah warga Desa Cijeruk, RW 02, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Bakti Desa KMTI 2020 dilaksanakan pada 18-22 Januari 2020. Waktu kegiatan berlangsung dari pukul 06.00–16.00.

“KEGIATAN BAKTI DESA”

“Pembangunan MCK”


“Penyuluhan Bencana oleh BPBD”

“Senam dan olahraga kebugaran”

“BTAQ”

“Penyuluhan sikat gigi, cuci tangan, dan pengobatan gratis”

“Penyuluhan limbah oleh Dosen Teknik Industri”

“Lomba mewarnai dan lomba cerdas cermat anak”

“Pembagian Hadiah Lomba”

“Peresmian perpusatakaan mini”

“Gotong royong dan pembuatan fasilitas”

“Penutupan kegiatan Bakti Desa KMTI 2020, pemberian plakat pada Kepala RW Desa Cijeruk, dan pemberian sedekah pada masjid”

 

Sumber :
Bidang Eksternal KMTI
_______
Bidang Kominfo & Ceremony KMTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *