Sejarah KMTI

Teknik Industri Unisba lahir seiring dengan banyak dibutuhkannya tenaga ahli dan semakin pesatnya kemajuan di sektor industri, kemudian Fakultas Teknik Unisba membuat satu program studi baru, yaitu Program Studi Teknik Industri. Program studi ini secara resmi berdiri pada tanggal 1 Juni 1979, sebagai pengintegrasian dari Akademi Teknik Mesin dan Industri (ATMI) ke Universitas Islam Bandung.

Saat itu, aktivitas kegiatan mahasiswa dikelola oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HIMA TI). Berdasarkan SK Mendikbud Nomor: 098/8/1984, Program Studi Teknik Industri berganti nama menjadi Program Studi Teknik dan Manajemen Industri, dan mendapat status terdaftar. Kemudian pada tanggal 6 September 1989, sesuai dengan SK Mendikbud Nomor: 0559/0/1989 Program Studi Teknik dan Manajemen Industri mendapat status diakui. Seiring perubahan tersebut, HIMA TI berubah nama menjadi Keluarga Mahasiswa Teknik dan Manajemen Industri (KMTMI) pada tanggal 2 Mei 1984 yang sekaligus merupakan tanggal berdirinya KMTMI.

Pada tahun 1997, Program Studi Teknik dan Manajemen Industri diubah menjadi Program Studi Teknik Industri berdasarkan pedoman Program Studi pada Perguruan Tinggi Swasta yang dikeluarkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 416/DIKTI/KEP/1997 pada bulan Oktober 1997. Seiring dengan perubahan tersebut, maka Keluarga Mahasiswa Teknik dan Manajemen Industri (KMTMI) pun diubah menjadi Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) sampai saat ini.